10 Pelaut Indonesia Diduga Diculik Kelompok Garis Keras Abu Sayyaf di Filipina

Iklan Semua Halaman

10 Pelaut Indonesia Diduga Diculik Kelompok Garis Keras Abu Sayyaf di Filipina

Pulo Lasman Simanjuntak
Selasa, 29 Maret 2016
Jakarta,eMaritim.Com,Sebanyak 10 awak kapal asal Indonesia diduga diculik kelompok garis keras Abu Sayyaf di Filipina pada akhir pekan lalu.

Dua pejabat militer Filipina mengatakan, kelompok garis keras itu menuntut sejumlah uang tebusan, yang dirahasiakan dari pemilik perahu. Pejabat itu menolak disebutkan namanya karena tidak berwenang berbicara kepada media.

Dikutip dari Reuters, Senin 28 Maret 2016, kesepuluh orang itu mengawaki kapal tunda Taiwan milik swasta dalam perjalanan dari Jakarta ke Manila ketika dibajak di dekat perbatasan Malaysia.

Para awak kapal itu berhasil menghubungi majikan mereka untuk memberitahu bahwa mereka dibajak. Akan tetapi, lokasi persis pembajakan itu belum diketahui.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulawesi Utara Wilson Damanik kepada Liputan6.com mengatakan, pihaknya belum menerima informasi resmi mengenai penyanderaan tersebut.
Abu Sayyaf dikenal dalam sejumlah kasus penculikan, pembunuhan, pengeboman dan pemerasan. Kelompoknya adalah garis keras di Filipina selatan.(liputan6.com/lasman simanjuntak)