Mengapa Disebut Starboard dan Portside Bukan Right Atau Left Untuk Menyebut Sisi Kanan dan Kiri Kapal? -->

Iklan Semua Halaman

Mengapa Disebut Starboard dan Portside Bukan Right Atau Left Untuk Menyebut Sisi Kanan dan Kiri Kapal?

12 Desember 2021


Mengapa sisi kanan kapal disebut starboard dan sisi kirinya disebut portside, bukan right atau left?


Alasan utama dari penamaan ini adalah untuk menghindari kebingungan awak kapal saat menyebutnya, apalagi saat kita menyebutnya menghadap haluan sementara lawan bicara kita menghadap buritan kapal. Lalu darimana kata starboard dan portside berasal?

Starboard

Pada masa kapal masih belum menggunakan mesin diseluruh dunia, kemudi kapal ditempatkan di sebelah kanan kapal. Ini dikarenakan mayoritas manusia menggunakan tangan kanan untuk bekerja atau right handed (lawan kidal). Oleh karena itulah maka kemudi diletakkan di kanan kapal. Untuk memudahkan penyebutan sisi kanan kapal agar tidak salah orientasi maka disebutlah sebagai Steerboard (asal kata Jerman) yang dibahasa Inggris mereka sebut Steorboard yang berarti sisi kemudi. Secara berangsur kata itu berevolusi dan berubah menjadi starboard (sisi kanan kapal) seperti yang kita ucapkan saat ini.

Semakin lama ukuran kapal semakin besar sehingga kemudinya semakin besar pula. Sejak itu sisi kanan dari kapal disebut sebagai starboard yang artinya Sisi kemudi

Portside

Ukuran kapal semakin lama semakin besar, tentu ukuran kemudi dimasa itu semakin membesar pula. Karena besarnya kemudi kapal, tentu sangat beresiko menyandarkan kapal di sisi kanan karena adanya kemudi tersebut.

Maka dari itu semua kapal dimasa lalu selalu sandar kiri karena alasan diatas. Awalnya sisi kiri disebut sebagai Ladeboard (asal kata lade atau bahasa inggris modern load). Kata ini sampai sekarang masih dipakai untuk penyebutan Bill of Lading (kata dasar Lade). Artinya sisi yang dipakai untuk kegiatan bongkar muat barang.

Tapi karena Ladeboard masih sering terdengar sama dengan Starboard, maka penyebutan untuk kiri berubah lagi menjadi portside yang berarti sisi dermaga. Tempat kapal memuat dan membongkar barang di dermaga.

Semoga menambah wawasan kita bersama.