Presiden Joko Widodo Resmikan Pelabuhan Wasior -->

Iklan Semua Halaman

Presiden Joko Widodo Resmikan Pelabuhan Wasior

Reporter eMaritim.Com
07 April 2016
Jakarta, eMaritim.com - Pelabuhan yang masuk dalam kategori pelabuhan pengumpul ini telah selesai dibangun Kementerian Perhubungan pada tahun 2015 dengan dana APBN sebesar 79 miliar. Pelabuhan Wasior Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (5/4).
Menhub Ignasius Jonan dalam laporannya menyampaikan Pelabuhan Wasior dibangun setelah bencana banjir bandang yang menghantam Wasior pada tahun 2010. Pembangunan fasilitas pelabuhan ini, kata Jonan, meliputi dermaga seluas 174 x 10 m2. Trestle I seluas 48x8m2 , trestle II seluas 47x8m2, causeway I seluas 160x6 m2 dan causeway II seluas 127x8m2 serta reklamasi 12500m2. "Pelabuhan ini dapat menampung kapal berukuran 3.500 DWT, dengan faceline dermaga -10mLWS," terang Jonan.
Jonan menambahkan Pelabuhan Wasior merupakan salah satu pelabuhan yang dilalui oleh jalur tol laut. "Dengan pelabuhan Wasior ini konektivitas barang dan orang di Papua Barat akan lebih mudah," kata Jonan.
Dalam kesempatan ini, Jonan juga meminta izin kepada Presiden untuk memindahkan Bandara Wasior yang terletak dekat pelabuhan ke lahan yang lebih luas. "Lahannya akan disediakan Pemda," tutup Jonan.
Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan pembangunan pelabuhan dan bandara bertujuan untuk terpenuhinya konektivitas. "Kalau konektivitas terbangun dengan baik, arus barang dan manusia dapat terlaksana dengan baik, dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi," tegas Jokowi.
Jokowi juga menyinggung program Tol Laut yang merupakan langkah pemerintah untuk menegaskan bahwa Indonesia merupakan bangsa maritim. Dengan Tol Laut sistem logistik antarpulau dan di dalam kepulauan akan terhubungkan. "Tol Laut itu menghubungkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Indonesia, distribusi barang akan semakin lancar sampai ke pelosok-pelosok," tegas Jokowi.
Saat ini kata Jokowi baru ada 3 jalur tol laut, tahun ini juga akan dibangun lagi 6 jalur tol laut lagi.
Sementara itu terkait dengan pemindahan Bandara Wasior seperti yang diminta Menhub Ignasius Jonan, Jokowi meminta Kemenhub untuk segera membangunnya tahun ini juga dan pemerintah daerah diminta untuk segera menyiapkan lahannya.
Selain Menhub, hadir pula dalam acara peresmian ini Menteri PU PERA, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama.
Pembangunan Pelabuhan Wasior merupakan wujud penerjemahan pembangunan Indonesia Sentris di sektor transportasi sebagaimana tertuang dalam Nawa Cita Presiden RI yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Hal ini juga sejalan dengan fokus kerja Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk terus meningkatkan kapasitas sarana prasarana transportasi dan kualitas layanan transportasi khususnya di wilayah timur Indonesia. (***/Dephub.go.id/Rhp) (Sumber Foto; Dephub.go.id)