Delapan Pelabuhan Proyek Strategis Menhub -->

Iklan Semua Halaman

Delapan Pelabuhan Proyek Strategis Menhub

10 Oktober 2016



Jakarta, eMaritim.com – Menteri Perhubungan (Menhub) , Budi Karya Sumadi akan membangun konektivitas transportasi dalam mendukung 13 kawasan industri di luar Jawa, termasuk 8 pelabuhan yang masuk dalam proyek strategis, diungkapkan saat menghadiri acara Forum Diskusi Publik Sektor Transportasi, di Jakarta, Senin (10/10/2016).

Proyek strategis 8 pelabuhan yang di sebutkan menhub Budi meliputi Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, Tanjung Perak, Pontianak, Bitung, Makassar, Banjarmasin, Kupang, dan Halmahera.
Lain dari itu menteri Budi juga menyebutkan proyek kereta api dan bandara yang juga turut mendukung 13 kawasan industri di luar Jawa.

Dari proyek strategis kereta api sendiri ada pembangunan jalur KA antara Manado - Bitung, Sei Mangke - Bandar Tinggi - Kuala Tanjung, Pasoso - Tanjung Priok, DDT dan Elektrifikasi Manggarai – Bekasi - Cikarang, Lingkar Luar Kereta Api.

Sementara untuk proyek Bandara, masih Menhub, ada pengembangan bandara Mutiara Palu, El tari Kupang, Halu Oleo Kendari, Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Menhub menyebutkan 13 wilayah kawasan industri di luar Jawa antara lain; Kuala Tanjung dan Seimangke di Sumatera Utara, Sementara Tanggamus di Lampung, Batu Licin di Kalimantan Selatan, Ketapang dan Landak di Kalimantan Barat, Palu dan Morowali di Sulawesi Tengah, Bantaeng di Sulawesi Selatan, Bitung di Sulawesi Utara, Konawe di Sulawesi Tenggara, Buli-Halmahera Timur di Maluku Utara, dan Teluk Bintuni di Papua Barat. (Hdi)