Pelindo IV, PoG dan JPB Teken MOU Guna Peningkatan Pelabuhan -->

Iklan Semua Halaman

Pelindo IV, PoG dan JPB Teken MOU Guna Peningkatan Pelabuhan

09 Februari 2017

Sumber Foto : Pelindo 4

Ambon, eMaritim.com – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau sering disebut Pelindo 4, Pelabuhan Ghent atau Port of Ghent (PoG), dan Johor Port Berhad (JPB) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Pengembangan Pelabuhan dan Kerjasama Perdagangan di Indonesia Timur.

Nota kesepahaman tersebut masing-masing ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung dan Managing Director Ghent Port Company, D. Schalk di Ambon pada Rabu, 8 Februari 2017, serta disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut B. Panjaitan dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Dalam Nota Kesepahaman (MoU) itu, kedua belah pihak berkeinginan untuk mengembangkan kerjasama dalam pengembangan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo IV, mengembangkan sumber daya manusia di pelabuhan dan kemungkinan untuk melakukan perdagangan, terutama perdagangan mengenai hasil pertanian dalam bentuk curah seperti minyak kelapa, kayu dan lain-lain, antara pelabuhan di Indonesia Timur dan Pelabuhan Ghent.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung mengatakan dalam MoU yang berlaku selama 1 tahun ini, pihaknya bersama pihak Pelabuhan Ghent atau Port of Ghent (PoG) secara bersama-sama akan menyusun rencana kerjasama untuk menciptakan sinergi bisnis.

“Kami juga akan saling bertukar perkembangan dan peluang bisnis ekonomis dan strategis yang relevan bagi kedua perusahaan,” ujarnya.

Lebih jauh, MoU ini bertujuan antara lain untuk saling bekerja sama dan memberikan bantuan terkait pengembangan dan pengoperasian pelabuhan serta perdagangan internasional, termasuk pengembangan sumber daya manusia yang terkait dengan hal-hal tersebut.

Selain dengan Port of Ghent, BUMN Kemaritiman ini juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Ketetapan untuk Program Pengembangan Kompetensi dan Konsultan Operasional Kontainer dan Konvensional serta Studi Proyek pada Pelayanan Logistik dalam Lingkungan Pelabuhan dengan Johor Port Berhad.

Nota Kesepahaman itu ditandatangani oleh Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung dan Chief Executive Officer Johor Port Berhad (JPB) Shahrull Alam Shah Bin Abdul Halim.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV Baharuddin M. mengatakan Nota Kesepahaman ini ditandatangani karena kedua belah pihak berkeinginan untuk membangun kolaborasi sinergitas untuk JPB agar membagi dan menyalurkan pengalaman dan keahliannya dalam Manajemen dan Operasional Pelabuhan melalui Johor Port Skilled Centre (JPSC), untuk program peningkatan kompetensi untuk semua pelabuhan-pelabuhan di bawah Pelindo IV sesuai syarat dan ketentuan sebagaimana tertuang dalam studi proyek pada pelayanan logistik dalam lingkungan pelabuhan.

“Para pihak juga menyetujui bahwa JPB akan menyediakan proposal komersial yang selanjutnya akan dibahas bersama dengan Pelindo IV,” kata Baharuddin.

Dia menyebutkan, tujuan dibuatnya Nota Kesepahaman ini karena para pihak berkeinginan untuk mencari kemungkinan dalam kolaborasi sinergitas untuk JPB untuk dibagi dan menyalurkan pengalaman dan keahlian dalam Manajemen dan Operasional Pelabuhan yang meliputi antara lain, untuk pemeliharaan dan pendukung, pelayanan pelatihan untuk program pengembangan kompetensi dan konsultasi pada operasional petikemas dan konvensional untuk seluruh pelabuhan di bawah Pelindo IV.

Adapun, program pelatihan Manajemen dan Operasional yang diinginkan pihak Pelindo IV yaitu, Manajemen Petikemas dan Terminal Konvensional termasuk Terminal Curah, Operator Crane dan Training Peralatan Pelabuhan, Training Peralatan Mekanik, Training Pemeliharaan Peratalan, Konsultasi Sistem Information and Communication Technology (ICT) Pelabuhan, serta Keamanan Pelabuhan.

Baharuddin menambahkan, studi proyek pada pelayanan logistik dalam lingkungan pelabuhan nantinya akan terbagi pada, menguatkan inisiasi kolaborasi saat ini pada kargo dari pelabuhan kelolaan Pelindo IV singgah di Pelabuhan MMC sebelum menuju pelabuhan akhir. Juga layanan feedering antara Pelabuhan MMC dan pangsa pasar Pelindo IV terfokus pada bagian pusat dan timur Indonesia.

“Serta kolaborasi dibawah Program Kemitraan Pelabuhan (Sister Port Partnership Program) yang meliputi Joint Marketing (Pemasaran Bersama) dan Lintas Program Pelatihan antara JPB dan pelabuhan-pelabuhan dibawah Pelindo IV.”

Sementara itu, JPB didedikasikan dalam memposisikan diri sebagai pintu gerbang pelabuhan dengan menggunakan jaringan pengiriman yang ada dan fasilitas yang tersedia. Agar inisiatif tersebut terwujud, JPB tertarik untuk membuat kerjasama satuan tugas bersama dengan Pelindo IV untuk mengembangkan rencana dan pelaksanaan latihan didasarkan pada area yang diidentifikasi untuk berkolaborasi, seperti kerjasama dalam bidang intelijen, target pasar, alat pemasaran, struktur penghargaan, sumber daya dan anggaran alokasi.

Program ini akan memanfaatkan kekuatan kedua pelabuhan dalam meningkatkan kinerja pelabuhan secara keseluruhan terhadap pertumbuhan bisnisnya.

Melalui inisiatif ini, kedua pelabuhan membangun sinergi dengan membentuk mekanisme lintas pelatihan, di mana individu yang dipilih secara fisik mampu belajar lingkup kerja yang berbeda, pengalaman dan juga budaya.

Tentang Pelindo IV

Pelindo IV adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang menyediakan jasa pelabuhan dan mengoperasikan beberapa pelabuhan komersial di Wilayah Timur Indonesia.

Tentang Port of Ghent

Port of Ghent (PoG) adalah pelabuhan multi fungsi di Belgia yang menyediakan fasilitas dan keahlian untuk penanganan dan distribusi berbagai jenis barang dan sebagai pelabuhan mempunyai keahlian yang cukup dalam pengelolaan pelabuhan, logistik pelabuhan dan evaluasi ekonomi pelabuhan secara umum.

Tentang Johor Port Berhad

Johor Port Berhad (Perusahaan No. 253394-D) adalah sebuah perusahaan gabungan di Malaysia dan memiliki alamat perusahaan di L2.3, Lantai 1, Wisma Kontena Building, 81700 Pasir Gudang, Johor Darul Takzim. Pelabuhan ini terkenal dengan singkatannya yaitu “JPB”.