Pelayanan Pelabuhan Tanjung Priok Buka 24 Jam -->

Iklan Semua Halaman

Pelayanan Pelabuhan Tanjung Priok Buka 24 Jam

30 Juli 2019


 
Jakarta, eMaritim.com – Pelabuhan Tannjung Priok, Jakarta Utara akan buka 24 jam sehari, langkah tersebut dibuat lantaran untuk mendukung elancaran arus ekspor-impor serta menggairahkan perekonomian nasional. Pada akhirnya bisa menekan biaya logstik dan meningkatkan daya saing nasional.

Kebijakan ini dilakukan guna meningkatkan jumlah ekspor melalui pelabuhan Tanjung Priok. Waktu operasional pelayanan pelabuhan pun akan dilaksanakan setiap hari.

"Nantinya Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, Bea Cukai, Imigrasi, Operator Pelabuhan, Bank dan stakeholder terkait akan melakukan pelayanan optimal secara terus-menerus selama 24 jam 7 hari seminggu," sebut siaran resmi Ditjen Hubla, di Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan operasinal Pelabuhan Tanjug Priok 24 jam sehari,  usai mengadakan rapat dengan jajaran stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok, di Kantor Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok, Jakarta Minggu 7 Juli lalu.

Menhub  Budi mengatakan, pihaknya telah menyisir upaya-upaya yang bisa meningkatkan ekspor. Ia mengakui ada beberapa hal yang memang harus ditingkatkan. Salah satunya adalah meningkatkan waktu operasional pelayanan di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Berkaitan dengan jumlah hari produktif pelayanan, sebelum ini 3 hari, sekarang sudah 4-5 hari, kita ingin 7 hari. Artinya 24/7 kita melayani. Agar orang-orang yang melayani di sini waktunya tersebar dan fasilitas tol, truk itu terbagi rata di 7 hari. Sehingga produktivitas itu lebih baik,” papar Menhub.

Ke depan, pengguna asa khususnya pemilik barang baik esportir ata importir tak perlu mengeja waktu pelayanan kepabeanan, sehingga ramai-ramai mengirimkan barang ke Pelabuhan Tanjung Priok enjelang akhir pekan atau hari libur nasional, sehingga membuat jalanan macet.

Kini layanan jasa kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok dilakukan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.  Penguna jasa khususnya eksportir nasional pengguna jasa di Pelabuhan Tanjung Priok tak perlu risau. Seluruh instansi di pelabuhan terbesar di Indonesia itu siap melayani  kapal dan barang sepanjang hari.
-