KSOP Palembang Mulai Layani Masyarakat Hari Ini Hingga Pukul 14.00

Iklan Semua Halaman

KSOP Palembang Mulai Layani Masyarakat Hari Ini Hingga Pukul 14.00

Tuesday, May 26, 2020
Sumsel, eMaritim.com - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) memulai hari kerja pertama, pascalebaran 2020, Selasa (26/5/2020). Seperti diketahui, Pemerintah menunda cuti bersama pada masa Lebaran/ Idul Fitri 1441 H tahun ini. 
Semua ASN baik sipil atau TNI sudah masuk kantor dan melayani masyarakat seperti biasa. Termasuk KSOP Palembang dan keluarga maritim di bantaran Sungai Musi, Palembang itu. 
"Pagi ini, kita sudah masuk kantor. Dan, komit menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, social distancing dan selalu menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan kerja," kata Kepala KSOP Palembang H.Irwan, ST, M.Pd .
Kepala KSOP Palembang juga ditunjuk sebagai Koordiantor Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di wilayah Pelabuhan Palembang. "Semua sudah dikoordiansikan, dilakukan pembagian tugas sesuai tupoksi masing-masing," kata Irwan lagi.
Untuk memudahkan koordinasi dan pelaksanaan tugas, menurut dia, telah dibentuk du Posko Covid-19, masing-masing di Pelabuhan Boom Baru Palembang, dan Dermaga Pertamina  Plaju, Palembang.
Sejak pagi, jelas Irwan, loket pelayanan umum sudah dibuka dan melayani mayarakat dengan normal. Masyarakat juga sudah mulai mengurus beragam hal dalam kehidupan mereka.
Pelayanan Umum Sampai Jam 14.00
Menurut Irwan, pelayanan umum di lingkungan KSOP Palembang dibatasi sampai jam 14.00 Wib.  Semua pegawai sudah di kantor dan siap melayani masyarakat sesuai tupoksi masing-masing.
"Kepada masyarakat yang berkepentingan dan akan mengurus administrasi d KSOP, dipersilahkan menyesuaikan diri dan akan dilayani selama jam kerja," papar Irwan.
Sementara, pelayanan kapal dan barang termasuk di Dermaga Plaju Palembang untuk kapal tanker dan BBM, serta Dermaga Kertapati untuk layanan kapal dan batubara.
"Untuk layanan kapal dan barang akan diyalani selama 24 jam sehari. Di laur jam kerja atau hari libur, akan ada Perwira Jawa yang bertangungjawab dan siap melayani dokumen kapal dan barang di wilayah KSOP Palembang," papar alumni PIP Makassar ini. 
"Sejauh ini, layanan kapal dan BBM dari dan menuju Dermaga Plaju berjalan normal. Demikian juga untuk layanan barubara dsengan KA Babarranjang menuju Pelabuhan Panjang Lampung atau langsung dikapalkan pelabuhan tujuan dari Kertapati tetap dilayani dengan optimal," terang Irwan.
Dia menambahkan, selama ini ada jenis BBM khusus yang hanya diproduksi di Kilang Plaju. Konsekuensinya, dari Plaju banyak dikapalkan ke daerah lain termasuk ke Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur.
Sementara, sebut Irwan,  batubara yang diproduksi PT Bukit Asam barang dikirim ke PLTU Surabaya yang diangkut dengan KA Babaranjang sampai ke Tarahan, Lampung sebelum dikapalkan ke PLTU Suralayan, Cilegon, Banten. 
"Di sisi ain, ada juga batubara dari PT BA Palembang yang dikapalkan ke PLTU Cilacap Jawa Tengah. Kebutuhan batubara untuk PLTU Cilacap sebagian dikirim dari PT BA di Palembang, Sumsel," kilah Irwan.
Sesuai kebijakan Pemerintah, selama masa PSBB ini di KSOP Palembang hanya melayani kapal angkutan logistik termasuk batubara dan BBM. Sementara, kapal penumpang termasuk kapal lokal dari Palembang ke berbagai kota di Sumatera Selatan masih dihentikan sementara," tegas mantan Direktur PIP Semarang itu.