TNI AL Banten Amankan 2 Kapal Tanker Fortune Pacific XLIX dan Sinar Malahayati yang Bertabrakan di Perairan Banten -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Banten Amankan 2 Kapal Tanker Fortune Pacific XLIX dan Sinar Malahayati yang Bertabrakan di Perairan Banten

Ananta Gultom
14 April 2023

Dua kapal Tanker produk mengalami kerusakan serius setelah bertabrakan di dekat salah satu terminal minyak besar di Selat Sunda, yang memisahkan Indonesia dan Jawa. Pangkalan TNI AL Banten merilis foto-foto yang menunjukkan besarnya kerusakan pada kedua kapal tersebut.




Peristiwa berawal saat MT. Fortune Pasific XLIX akan keluar dari pelabuhan khusus Pertamina Tg. Gerem dan MT. Sinar Malahayati memasuki Pelabuhan Khusus PT Dover Tg. Gerem.

Keduanya dalam situasi saling berhadapan dan terjadi tabrakan yang mengakibatkan MT. Sinar Malahayati mengalami kerusakan pada haluan kapal, sedangkan MT. Pasific Fortune XLIX mengalami kerusakan pada Lambung bagian kanan.


Komandan TNI Angkatan Laut Banten tidak mengindikasikan penyebab pasti dari insiden tersebut, namun bagian haluan kapal Sinar Malahayati terjadi kontak dengan Fortune Pacific XLIX yang mengakibatkan kerusakan pada lambung, struktur atas bagian depan, dan sayap anjungan bagian kanan.

Tim medis dan tim keamanan telah dikirim ke kapal untuk menentukan penyebab insiden serta membantu evakuasi awak kapal yang terluka. Syahbandar perintahkan kedua kapal untuk tetap diposisi labuh jangkar sementara dilakukan investigasi.

Posisi terakhir 14 April 2023 sore




Posisi terakhir 14 April 2023 sore