Kapal Feri Queen Star 2 Batam Singapura Terbakar -->

Iklan Semua Halaman

Kapal Feri Queen Star 2 Batam Singapura Terbakar

Ananta Gultom
07 Mei 2023

Kebakaran terjadi di ruang mesin kapal feri berbendera Singapura, QUEEN STAR 2, yang sedang dalam perjalanan dari Singapura ke Batam pada Jumat (5 Mei) di dekat Pulau Kusu. Kejadian tersebut memicu evakuasi penumpang ke kapal lain.



Menurut Pihak Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) dalam rilis beritanya, kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh enam awak kapal sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. MPA menambahkan bahwa pihaknya menerima laporan kejadian tersebut pada pukul 12.30 siang pada hari Jumat.


"MPA, Singapore Civil Defence Force (SCDF), dan Police Coast Guard (PCG) segera mengirimkan kapal mereka untuk memberikan bantuan," kata pihak berwenang tersebut, dan menambahkan bahwa sebuah tug boat juga dikerahkan untuk membantu menarik kapal feri yang terbakar.


Seluruh 62 penumpang yang terdiri dari warga Singapura, Malaysia dan Indonesia dievakuasi ke kapal MERBAU ERA, yang sedang dalam perjalanan menuju Terminal Feri Harbourfront di Singapura. Kapal tersebut kemudian menuju Batam di Indonesia dan tiba dengan selamat dengan semua penumpangnya.


"Kebakaran di kapal QUEEN STAR 2 berhasil dipadamkan oleh enam awak kapal yang tetap berada di atas kapal sebelum petugas pemadam kebakaran tiba," kata MPA.


"Pemadam kebakaran dari SCDF juga berada di atas kapal untuk memastikan bahwa api telah sepenuhnya padam."


Tidak ada laporan mengenai cedera atau pencemaran yang dilaporkan. Petugas dari MPA juga dikerahkan di Terminal Feri Harbourfront untuk memberikan dukungan kepada penumpang yang membutuhkan.


Pihak berwenang juga mengeluarkan siaran navigasi ke kapal-kapal agar menjauh dari lokasi kejadian

.