Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang Laksanakan Ground Breaking Pembangunan Kampus Baru -->

Iklan Semua Halaman

Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang Laksanakan Ground Breaking Pembangunan Kampus Baru

Ananta Gultom
23 Juni 2023

Play Untuk Audio Berita

 


Pada tanggal 2 Juni 2023, Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) mengadakan acara Ground Breaking pembangunan kampus baru di Desa Wringin Putih, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan, termasuk Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden RI, Abetnego Panca Putra Tarigan, M.Si. , Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyoto, dan Plt. Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T.


Acara berlangsung dengan tertib dan khidmat. Mahasiswa Polimarin menyambut tamu kehormatan dengan jajar kehormatan dan penampilan spektakuler oleh Drum Corps Polimarin "Gema Sapta Samudra". Acara dimulai dengan tarian "Tari Semarang Rumah Kita" sebagai pembuka, diikuti dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pemutaran video Masterplan Gedung Baru Polimarin.


Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden RI, Abetnego Panca Putra Tarigan, M.Si, menyampaikan pentingnya kampus baru Polimarin dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di bidang maritim.


“Semoga di kampus baru menjadi kampus yang akrab lingkungan – ramah lingkungan. Kampus itu institusi pendidikan juga sebagai konstribusi di dalam menggerakkan ekonomi di tingkat lokal. Mudah-mudahan nanti dengan adanya kampus di sini yang lebih besar, taruna taruninya lebih banyak, maka juga dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Semarang,” ujar Deputi II dalam sambutannya.


“Kita patut bersyukur juga bahwa Bapak Presiden menempatkan pembangunan sumber daya manusia sebagai agenda prioritas pertama di dalam periode kedua beliau ini,” tambahnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyoto, menyambut dan mengapresiasi pembangunan kampus baru Polimarin.


“Tentunya Pemerintah Kabupaten Semarang dan masyarakat sekitar sangat mendukung dan berharap proses pembangunan kampus baru Polimarin akan berjalan lancar dan sukses sesuai rencana yang telah ditetapkan,” ujar Setda yang mewakili Bupati saat memberikan sambutan.


Plt Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Muhammad Fajar Subkhan, S.T., M.T., mengucapkan terima kasih kepada Kantor Staf Kepresidenan atas dukungan dan pengawalan dalam pengembangan infrastruktur dan fasilitas maritim untuk persiapan pembangunan kampus. Ia juga mengingatkan tentang perjuangan yang panjang yang telah dilalui oleh Direktur Polimarin sebelumnya, yaitu Ketua Senat saat ini Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si, beserta para pendiri.


"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, kami bersyukur dan tidak akan melupakannya. Alhamdulillah, hari ini kita berhasil merealisasikan cita-cita untuk mendapatkan lokasi dan membangun gedung baru Polimarin yang terletak di Kabupaten Semarang," ungkap Direktur Polimarin Insinyur Akhmad Nuriyanis, M.T.


Direktur Polimarin juga menegaskan bahwa lahan kampus baru seluas 30,8 hektar ini direncanakan selesai pada tahun 2024 dan dapat digunakan untuk pembelajaran.


“Untuk pembangunan kampus ini akan dilaksanakan selama 210 hari, tetapi kami berharap pembangunan bisa lebih cepat selesai. Pembangunan lebih mengutamakan pengembangan akademik, sehingga cita-cita pendiri kampus bisa diwujudkan,” lanjut laporan Direktur Polimarin.


Puncak acara ditandai dengan bersama-sama menyalakan sirine sebagai tanda peresmian Ground Breaking pembangunan kampus baru Polimarin di Kabupaten Semarang. Acara tersebut disaksikan oleh para tamu undangan, termasuk perangkat desa, aparat, mitra pendidikan dan industri, serta seluruh jajaran pimpinan struktural Polimarin. Acara ditutup dengan peninjauan lokasi dan masterplan pembangunan kampus baru yang disertai oleh Drum Corps Polimarin.

(Sumber: HUMAS Laman Polimarin.Ac.id)