Indonesia Ekspor 150 Gerbong Kereta Api ke Bangladesh -->

Iklan Semua Halaman

Indonesia Ekspor 150 Gerbong Kereta Api ke Bangladesh

Reporter eMaritim.Com
31 Maret 2016

Surabaya, eMaritim.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyebut jika saat ini pihaknya tengah melakukan kegiatan pemuatan gerbong kereta api ke atas kapal untuk di kirim ke Bangladesh.  Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan mengatakan akan ada 150 gerbong kereta api yang dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak.  Pengiriman dilakukan secara bertahap hingga bulan Agustus nanti.  Seluruh gerbong tersebut merupakan produksi dalam negeri yang dilakukan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA.

"Untuk tahap awal akan dikirim 15 gerbong kereta api.  Kegiatan pemuatan sudah dilakukan oleh Pelindo III sejak pagi tadi dan dijadwalkan akan selesai besok untuk kemudian berangkat menuju Bangladesh," kata Yon saat ditemui di Terminal Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (30/3/2016).


Yon menjelaskan bahwa Presiden Jokowi dipastikan akan menyaksikan langsung pemuatan gerbong kereta api ke atas kapal MV. Seiyo Spring serta melepas keberangkatan kapal tersebut menuju Bangladesh pada Kamis (31/3/2016) hari ini.


"Besok Presiden Jokowi dipastikan akan hadir sekaligus meresmikan program Kredit Usaha Rakyat Berorienstasi Ekspor (KURBE)," tambahnya.


Kegiatan pemuatan gerbong kereta api ke atas kapal MV. Seiyo Spring dilakukan sepenuhnya oleh Pelindo III. Hal tersebut menunjukkan eksistensi Pelindo III sebagai operator terminal pelabuhan.  Pemuatan gerbong kereta api menggunakan dua unit Harbour Mobile Crane (HMC) milik Pelindo III. (Pelindo III / Rhp)