ABK Kapal Hilang Saat Cari Ikan di Perairan Kalimantan Timur -->

Iklan Semua Halaman

ABK Kapal Hilang Saat Cari Ikan di Perairan Kalimantan Timur

15 Mei 2017
Ilustrasi 
Nunukan, eMaritim.com – Menghilang saat mencari Ikan, Anak buah kapal menghilang tanpa jejak di perairan Kalimantan Timur, dua hari lalu, sekitar pukul 10:00 Wita.

Daniel (20), warga Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, dilaporkan hilang di laut saat sedang mencari ikan saat bertugas sebagai ABK kapal ikan KM Berkat Harapan GT 19.

Basarnas Balikpapan menyatakan, Daniel diketahui hilang setelah seluruh awak kapal selesai melakukan penangkapan ikan tongkol di perairan Lebuktutung, Kabupaten Kutai Timur.

"Kejadiannya Sabtu (14/5/2017) sekitar pukul 10.00 Wita, saat seluruh ABK selesai memasang jaring mata cincin atau jaring pagae. Juragan dan ABK yang lain baru tahu anggotanya hilang satu orang," ujar Kepala Seksi Operasi Basarnas Balikpapan, Octaviant, Minggu (14/05/2017).

Belum diketahui penyebab Daniel tiba-tiba menghilang dari kapal. Dia diduga hilang pada saat kapal bertemu dengan rombongan ikan tongkol di Perairan Lebuktutung.

KM Berkat Harapan GT 19 saat itu langsung memutar dan memasang jaring cincin untuk menangkap rombongan ikan tongkol yang lewat. Kesibukan masing-masing ABK membuat mereka tidak tahu pasti apa yang menyebabkan Daniel menghilang.

"Saat menemukan sekumpulan ikan tongkol yg sedang bermain di permukaan air, Berkat Harapan GT 19 langsung memutar. Tidak ada ABK yang melihat korban terjatuh," ucap Octavianto.

Juragan kapal, Rapi (50), warga Kutai Timur, yang mengetahui ada salah satu ABK-nya tidak ditemukan usai mencari ikan, langsung melakukan upaya pencarian malam itu juga.

Namun, hingga kini belum ditemukan tanda-tanda keberadaan Daniel. Juragan kapal kemudian melaporkan hilangnya Daniel ke Polsek Sangkulirang.

"Kami langsung turunkan tim SAR setelah menerima laporan pukul 06:15 Wita," ucap Octavianto.(*)



Sumber : Kompas.com