Mau Mudik Tanpa Macet, Ini Solusinya -->

Iklan Semua Halaman

Mau Mudik Tanpa Macet, Ini Solusinya

12 Mei 2017

Istimewa
Jakarta, eMaritim.com – Pengalaman mudik lebaran 1437 H melalui jalur darat di mana kemacetan masih menjadi momok bagi pemudik, khususnya pengguna jalur darat di tol Brexit, Brebes Timur, PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – Pelni menawarkan solusi dan transportasi mudik dengan kapal laut Pelni  dengan  pelayaran reguler Jakarta-Surabaya pada mudik 1438 H tahun 2017.

Manager PR dan CSR PT. Pelni Akhmad Sujadi mengatakan Kapal Pelni akan melayani pemudik dengan jalur normal sesuai pengaturan pola angkutan lebaran 1438 H. PT. Pelni menawarkan paket  mudik berbiaya murah, aman tanpa macet dan menyenangkan dengan kapal laut untuk rute Jakarta-Surabaya. “Kapal reguler dari  Jakarta-Surabaya  penumpangnya  masih sedikit. Penumpang akan bertambah  ketika berangkat dari Surabaya, Makasar dan seterusnya. “Space kosong ini yang kami tawarkan kepada penumpang di Jabodetabek untuk mudik  dengan kapal laut pada koridor Jakarta-Surabaya,” terang Manager PR dan CSR PT. Pelni Akhmad Sujadi.

Tiket mudik lebaran dengan kapal laut Jakarta-Surabaya kelas ekonomi KM. Dorolonda yang akan berangkat Jumat (23/6) pukul 18.00 ditawarkan  hanya Rp 235.000,- sudah termasuk makan. Lama perjalanan tidak jauh berbeda dengan kendaraan darat pada saat lebaran, cuma 23 jam. “Perjalanan kapal bebas macet, tidak ada lampu merah di tengah perjalanan. Untuk masuk ke pelabuhan, kapal penumpang mendapat prioritas. Bagi warga yang belum mendapatkan tiket bus, kereta api, pesawat dan sewa mobil pribadi bisa mencoba kapal laut dalam mudik lebaran ini bersama keluarga,” tambah Sujadi.

Selain bebas macet, kapal laut Pelni juga ber-AC sehingga lebih nyaman. Penumpang dapat istirahat santai tidur atau tiduran di atas kasur empuk, bukan tempat duduk seperti kendaraan lain yang duduk berjam-jam.  Penumpang  kapal laut juga dapat menikmati hiburan live musik dari  salon atau restoran kapal. Tak hanya itu ibadah di atas kapal akan lancar dan lebih khusyuk. “Tersedia masjid di dalam kapal dan dapat menampung sekitar 100 orang. Naik kapal bisa sholat tarawih, amalan wajib tidak terlewatkan yang sunahpun bisa dilakukan. Beda dengan naik pesawat , KA dan bus.”

Bagi masyarakat di Pulau Jawa naik kapal laut masih terasa asing, Kapal Pelni lebih dikenal di luar Jawa, bahkan mereka sangat bergantung dengan kapal Pelni di beberapa pulau terluar dan terdepan sebagai sarana akses dan distribuasi barang. Masyarakat di Pulau Jawa dapat memanfaatkan Kapal laut dalam mudik lebaran tahun 2017 ini, khususnya dari Jakarta-Surabaya PP. Tersedia pula kelas kabin atau kelas kamar di KM. Tidar.

Nama-nama Kapal dari Jakarta-Surabaya; KM. Gunung Dempo Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM Dobonsolo Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM. Ciremai Jakarta-Surabaya-Jayapura. KM. Tidar Jakarta-Surabaya-Fakfak. KM. Umsini Surabaya-Jakarta lanjut sesuai rute.   “Untuk pemesanan tiket hubungi  Contac Center Pelni 162 atau 021-162, Indomaret, Alfamart, FastPay dan Dharmawisata Indonesia.” tuturnya (*)