Kuartal II 2018 Pelabuhan Kuala Tanjung Siap Beroperasi -->

Iklan Semua Halaman

Kuartal II 2018 Pelabuhan Kuala Tanjung Siap Beroperasi

09 November 2017
Pelabuhan Kuala Tanjung | BUMN.go.id
Jakarta, emaritim.com - Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung telah mencapai 92% di sisi laut dan 72% di sisi darat, kabar ini dilansir oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dan bakal beroperasi pada kuartal II/2018.

ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami mengatakan di tahap pertama, Pelindo I membangun terminal multiguna berkapasitas 500.000 TEUs. Menurut Fiona, pada tahap pertama, terminal multiguna bakal dikelola oleh PT Prima Multi Terminal.

Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara Pelindo I dengan PT PP (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Pelindo I memegang 55% saham Prima Multi Terminal sedangkan PT PP sebesar 25% dan Waskita 20%.

Setelah tahap pertama rampung, Pelindo I bakal melanjutkan pembangunan tahap kedua. Perseroan akan membangun kawasan industri dengan luas pengembangan 3.000 hektare.

“Pengembangan kawasan industri dapat semakin menurunkan biaya logistik serta berpeluang menciptakan skala ekonomi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/11/2017).

Di tahap ketiga, Pelindo I bakal membangun pelabuhan hub dan tahap keempat akan dibangun kawasan industri strategis.

Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung secara keseluruhan diproyeksi menjadi pelabuhan terbesar dan menjadi hub internasional di kawasan barat Indonesia.

Total kapasitas Pelabuhan Kuala Tanjung mencapai 20 juta TEUs. (*/ Bisnis)