Direct Call dari Balikpapan Ke Luar Negeri Hanya Bertahan 2 Trip Saja.

Iklan Semua Halaman

Direct Call dari Balikpapan Ke Luar Negeri Hanya Bertahan 2 Trip Saja.

Selasa, 18 Desember 2018
eMaritim.com, 18 Desember 2018.


Nasib program yang diunggulkan Pelindo IV berupa pelayaran  Direct Call  dari pelabuhan Balikpapan ke Asia Timur hanya bertahan 2 trip saja. Saat ini sudah tidak ada lagi pembicaraan ataupun pemberitaan mengenai kelanjutan program tersebut.

Pelabuhan KKT ( Kariangau Kontainer Terminal ) yang digadang gadang akan mampu melakukan kegiatan ekspor langsung ke negara-negara Asia, kini tidak lebih banyak kegiatan kontainernya jika dibandingkan dengan tetangga dekatnya, pelabuhan Samarinda.

Seperti proyek Ferry Bitung - Davao yang rontok setelah 1 trip saja, kegiatan direct call dari pelabuhan Balikpapan pernah diprediksi eMaritim.com hanya sebagai strategi dagang perusahaan pelayaran asal negara Asia Timur dalam menyiasati kerasnya bisnis kontainer di Singapura.

Rontoknya rute direct call ini sekaligus membuktikan bahwa pakem Ship Follows The Trade tetap berlaku di dunia pelayaran, tanpa muatan ( trade ) pelayaran tidak akan mampu bertahan lama. Dunia pelayaran nasional sempat mencemaskan kegiatan direct call dari beberapa pelabuhan Indonesia akan mengganggu Azaz Cabotage yang sudah berlangsung baik dalam melayani kegiatan angkutan barang di dalam negeri.

Alih alih dicemaskan akan memberikan dampak negatif terhadap dunia pelayaran nasional, program unggulan Pelindo IV tersebut sudah harus mati di trip ke dua saja.(zah)