» » » DItjen Hubla Hibahkan 32 Unit Kapal Pelra Ke 9 Pemda

Jakarta, eMaritim.com  -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  kembali menyerahkan 32 unit kapal rakyat (Pelra) dari total 94 unit yang dibangun,  kepada  pemerintah daerah (Pemda).

Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo mengatakan total kapal yang dibangun sebanyak 94  unit.  Sebanyak 24 unit telah diserahkan ke masing-masing Pemda dan tahun ini diserahkan 32 unit.

" Sebanyak 24 unit yang  telah diserahkan sebelumnya dibangun menggunakan anggaran tahun anggaran 2017. Tahun ini dari 32 unit secara simbolis diserahkan  sebangak12 unit. Tahun depan, rencananya kami akan membangun 50 unit kapal," tutur  Dirjen Agus.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang menyaksikan penyerahan itu di Surabaya Senin mengatakan, kapal Pelra ini harus fokus kepada pelayanan penumpang dengan menitik beratkan keselamatan pelayaran.

"Rata-rata Pemda yang menerima kapal Pelra ini akan memanfaatkan sebagai angkutan penumpang dan wisata.  Dari sisi safety kapal pelra juga sudah baik," ujar Menhub Budi.

Pengadaan kapal Pelra ini, menurut Menhub dilakukan agar konektivitas bagi masyarakat meningkat namun tetap memperhatikan aspek kearifan lokal dan pelayaran rakyat

"Kapal Pelra ini desainnya seperti kapal pinisi. Namun demikian, kami tetap ingin agar kapal Pelra selanjutnya memiliki pengembangan agar dari segi desain lebih efisien, berdaya guna, lebih memiliki daya tahan, dan utilisasi," jelas Menhub

Berikut sembilan Pemda yang mendapatkan hibah:  Pemerintah Daerah Prov. Lampung, Kota Bengkulu, Kota Bima (Nusa Tenggara Barat), Kab. Kampar (Provinsi Riau), Pesisir Barat Lampung, Kab. Kayong Utara (Kalimantan Barat), Kab. Mesuji (Provinsi Lampung), Kota Pariaman (Provinsi Sumatera Barat), Kab. Mamuju (Provinsi Sulawesi Barat). (hp)

eMaritim.Com
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments