Pelindo III Tambahkan 12.500 Tiket Kapal dan Bus Gratis untuk Mudik Lebaran -->

Iklan Semua Halaman

Pelindo III Tambahkan 12.500 Tiket Kapal dan Bus Gratis untuk Mudik Lebaran

09 Mei 2019
Jakarta, eMaritim.com – Pelindo III menambah kuota mudik gratis lebaran 2019/1440 H hingga 30 ribu tiket dari sebelumnya hanya 17.500 tiket kapal laut dan bus.

Direktur Utama  Pelindo III Doso Agung mengatakan  mudik gratis yang dihahas Kementerian BUMN merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat.

 “Melihat tingginya animo pemudik yang sudah mendaftar pada program mudik gratis tahun ini, maka Pelindo III menambah kuota tiket bus gratis secara bertahap sesuai penambahan kebutuhan yang terdata di lapangan. Jadi perkiraan jumlah total kuota Program Mudik Bareng 2019 yang disediakan Pelindo III dapat mencapai sekitar 30.000 tiket,” kata  Doso  Rabu  (8/5/2019), di Surabaya.

Dijelaskan, kuota mudik gratis yang disediakan Pelindo III terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2017 memberangkatkan sekitar 6.000 orang, kemudian meningkat di tahun 2018 lalu menjadi sekitar 14.000. Tahun ini disediakan 30 ribu tiket kapal laut dan bus gratis.

“Dengar berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi BUMN dengan PT Damri dan operator bus swasta lainnya untuk menambah tiket bus gratis keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” jelasnya.

Dari total 30 ribu tiket gratis yang akan disediakan, terdiri dari 2.000 tiket kapal laut yang dilayani oleh kapal-kapal Pelni dan 28 ribu  tiket bus untuk diantar dengan bus milik Damri dari pelabuhan ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

Artinya, ada tiket gratis untuk lima rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa, yakni dari Kumai – Tanjung Perak, Kumai – Tanjung Emas, Sampit – Tanjung Perak, Sampit – Tanjung Emas, dan Batulicin – Tanjung Perak. Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon.

Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Lebaran (Hari Raya Idul Fitri).

Pemudik  dapat melanjutkan perjalanan dengan bus gratis yang telah disediakan. Total tiket bus gratis sebanyak 28 ribh  dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersedia untuk li.a  jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-6 Lebaran. (hp)