Kemenhub Gelar Pelatihan Operator VTS

Iklan Semua Halaman

Kemenhub Gelar Pelatihan Operator VTS

Selasa, 22 Oktober 2019
 
Batam, eMaritim.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) bersama dengan Maritime And Port Authority (MPA) of Singapore melakukan kerjasama dalam pelatihan operator VTS.

Ditjen Hubla mengundang tenaga pengajar dari MPA untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para peserta. 

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan teknis yang disepakati untuk dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai hasil dari Pertemuan ke-12 MoU Pelatihan antara Ditjen Hubla dan MPA Singapura yang diadakan di Bali tahun 2018 yang lalu. Demikian disampaikan Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Pinang Jamin Hasibuan saat memberikan sambutan pada acara VTS operator Training Course di Batam, (21/10).

Jamin meyakini bahwa pelatihan ini dapat mengembangkan kompetensi yang dimiliki operator VTS.

"Kepada semua peserta, saya percaya bahwa kursus pelatihan yang kita miliki ini akan mengembangkan dan membangun pengetahuan dan pemahaman kita tentang bagaimana menjadi operator VTS yang memiliki kompetensi dalam penyediaan layanan lalu lintas kapal," ujar Jamin.

Ia berharap setelah peserta melaksanakan pelatihan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan keselamatan pelayaran. "Setelah kursus pelatihan ini, semua VTS operator Ditjen Hubla harus dapat memberikan pelayanan terbaik dalam mengatur lalu lintas kapal untuk terwujudnya kegiatan pelayaran yang efisien serta melindungi lingkungan hidup maritim dari dampak negatif yang dapat ditimbulkan bila lalu lintas kapal tersebut tidak dikelola dan dimonitor dengan baik," kata Jamin.

Kursus pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan selama 2 minggu / 14 hari di kantor VTS Batam setelah kelima orang peserta training tersebut telah mendapatkan pelatihan selama 30 hari di Singapura.

"Saya juga ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Tenaga Pengajar MPA kami yang terhormat, Bapak. Pang Yock Foo dan Bapak. Koh Boon Wee yang telah datang ke Batam untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman berharga mereka pada Pelatihan VTS Operator," ungkap Jamin.