KM Sinar Masela Berhasil Menyelamatkan Nelayan Yang Sudah 2 Hari Terapung Di laut.

Iklan Semua Halaman

KM Sinar Masela Berhasil Menyelamatkan Nelayan Yang Sudah 2 Hari Terapung Di laut.

Rabu, 11 Desember 2019

Kapal Motor (KM) Sinar Masela milik PT Samudera Energi Tangguh (Samudera Indonesia Group) berhasil menyelamatkan 4 orang nelayan yang terapung dilaut, yang dalam dunia pelayaran disebut sebagai kejadian Man Over Board (MOB).

Kapal yang sedang berlayar dari Anyer menuju pelabuhan Futong di Sungai Pakning tersebut, pada hari Selasa 10 Desember 2019 jam 15.32 WIB melihat Life Jacket terapung dilaut. Sesuai Good Seamanship (kecakapan) yang baik, Captain Yulius Sapto Putranto nakhoda KM Sinar Masela langsung mengarahkan kapal tanker berukuran panjang 118 meter itu mendekati korban dan memberikan pertolongan dengan melempar pelampung kearah korban.
Ke empat korban ditemukan selamat dan dinaikkan keatas kapal untuk diberikan pertolongan sesuai standar medik diatas kapal yang mengacu kepada aturan IMO dan aturan nasional.

Selanjutnya korban yang bernama Chandra (54), Erdianto (50), Akiu (51) dan Syahrin (51) yang kesemuanya berasal dari Provinsi Riau, dipindahkan ke kapal Basarnas untuk dibawa ke darat. Selesai proses tersebut KM Sinar Masela melanjutkan kembali perjalanannya menuju Port Of Destination mereka di Sungai Pakning.


Patut diketahui bahwa menyelamatkan jiwa di laut adalah wajib hukumnya untuk kapal yang melihat kejadian kecelakaan, dan apa yang dilakukan nakhoda KM Sinar Masela adalah contoh baik dari kecakapan seorang pelaut professional.(zah)