Beberapa Pimpinan DItlala Bahas Arus Balik dan Kesiapan New Normal di Makassar

Iklan Semua Halaman

Beberapa Pimpinan DItlala Bahas Arus Balik dan Kesiapan New Normal di Makassar

Friday, May 29, 2020
Dirlala Capt Wisnu Handoko Pimpin Rapat Bahas Arus Balik dan Kesiapan New Normal di Makassar
Makassar, eMaritim.com - Direktur Lalu Lintas dan Agkutan Laut (Dirlala), Ditjen Hubla Capt. Wisnu Handoko memimpin Rapat Pembahasan Kesiapan Antisipasi Pembatasan Perjalanan Arus Balik dan Protokol Covid Rapid Test/ PCR Swab bagi Penumpang Angkutan Laut, di Pelabuhan Makassar. Selain itu,  dalam rakor ini juga membahas mengenai New Normal.

Pada Rakor itu,  Direktur Lala Capt Wisnu Handoko didampingi Kepala OP Makassar Rahmatullah dan Kelapa Syahbandar Utama Makassar Ahmad Wahid.  Sementara,  rakor diikuti seluruh pemangku  kepentingan khususnya masyarakat maritim di Makassar, Sulawesi Selatan.

New Normal merupakan menjalankan aktivitas secara normal dengan penerapan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19. New Normal diperkirakan dimulai pada 7 Juni 2020 depan.

Untuk antisipasi New Normal, Kemenhub cq Ditjen Hubla mengikutsertakan Operator BUMN yaitu PT. Pelni dan swasta dalam menyediakan tiket angkutan laut dengan tetap menegakan aturan protokol Covid-19. Calon penumpang harus memenuhi persyaratan seperti adanya surat sehat dan hasil rapid test sebelum naik kapal.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah mengatakan Satgas Terpadu Covid-19 Transportasi Laut sudah dibentuk dan aktif bertugas mengawasi dan mengendalikan perjalanan orang di Propinsi Sulawesi Selatan.

Rahmatullah menegaskan kesiapan dalam mendukung kebijakan New Normal, termasuk penjualan 50% tiket kapal demi penerapan physical distancing.