BPTD Sultra Jaminkan Kelancaran Angkutan Logistik Laut di WIlayahnya

Iklan Semua Halaman

BPTD Sultra Jaminkan Kelancaran Angkutan Logistik Laut di WIlayahnya

Wednesday, May 6, 2020
Kolaka - Kolaka Utara PSBB, BPTD Sultra Jaminkan Transportasi Darat  dan Logistik Aman
Sultra, eMaritim.com - BPTD Wilayah XVIII Prov. Sulawesi Tenggara (Sultra) menjaminkan kelancaran angkutan logistik di dua pelabuhan penyeberangan lintas Antar Provinsi yaitu diwilayah Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Hal ini dilakukan guna dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid 19,

Demikian disampaikan Kepala BPTD XVIII Benny Nurdin Yusuf, saat melakukan monitoring   Angkutan Lebaran tahun 2020 dan pengecekan check poin lalu lintas orang dan penumpang di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara, Rabu (6/5/2020).

"Hari ini saya turun karena infonya Kabupaten Kolaka Utara dan Kolaka sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terhadap pergerakan orang dan kendaraan. Olehnya, selaku Kepala BPTD WIL. XVIII Prov. SULTRA harus memastikan angkutan logistik tetap berjalan aman danlancar," kata dia.

Dari hasil pemantauan kami, jelas Benny,  khusus di Pelabuhan Penyeberangan Tobaku terdapat 2 kapal yang melayani khusus angkutan logistik yaitu KMP New Rose dan KMP Merak.  "Dan jadwal pemberangkatan KMP. New Rose dari Pelabuhan Tobaku pkl  09.00 Wita dan dari Pelabuhan Siwa pkl 14.00 wita. Sedangkan KMP Merak dari Pelabuhan Siwa Pkl 11.30 wita dan dari Pelabuhan Tobaku pkl 16.00 Wita," papar Benny.

Dengan pola crossing dan  di Pelabuhan Penyeberangan Kolaka terdapat 3 kapal yang melayani angkutan logistik, penumpang dan kendaraan  diproyeksikan tetap aman dan lancar. Mereka yakni KMP Misima, KMP Manadala Nusantara dengan KMP Kota Bumi.  "Dengan jadwal dari Pelabuhan Penyeberangan Kolaka pukul 11.00 Wita (trip I), Pkl 15.00 Wita (trip II) dan dari Bajoe pukul 15.00 wita dengan pola 2 - 1 secara bergantian," terang Benny.

Benny juga mengatakan bahwa kedua pelabuhan penyeberangan tersebut merupakan pintu gerbang pergerakan logistik, orang dan kendaraan dari Sulawesi Selatan. Khusus di Pelabuhan Penyeberangan Tobaku, pergerakan orang dan kendaraan sudah di tutup sementara.

"Sedang di Pelabuhan Penyeberangan Kolaka sampai saat ini masih tetap normal dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat," tandas Benny.