Jelang Idul Adha, Hewan Qurban Diangkut PELNI ke Jakarta Meningkat -->

Iklan Semua Halaman

Jelang Idul Adha, Hewan Qurban Diangkut PELNI ke Jakarta Meningkat

15 Juli 2020
eMaritim.com - Volume hewan sapi potong  yang diangkut KM Camara Nusantara 1, yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) terus meningkat menjelang Idul Adha 1441 H/ 2020. Hingga pertengahan Juli ini,  hewan ternak sapi yang diangkut kapal yang dioperasikan PELNI mencapai 2.968 ekor.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Yahya Kuncoro menerangkan walaupun pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia empat bulan terakhir, PELNI mencatat distribusi dan kebutuhan akan hewan ternak masih akan terus meningkat, khususnya menjelang hari raya Idul Adha 1441 H.

"Pekan kedua Juli ini, KM Camara Nusantara 1 telah membawa 548 ekor sapi menuju Jakarta. Dari jumlah tersebut, 398 ekor sapi dibawa dari Kupang dan 150 ekor dibawa dari Waingapu," terang Yahya di Jakarta.

Yahya menambahkan, pada periode Agustus sampai dengan akhir tahun 2020, Manajemen menargetkan KM Camara Nusantara 1 mampu mengangkut hingga 3.850 ekor sapi. Target tersebut naik sebesar 24% dari realisasi pada periode yang sama di tahun 2019 yang sejumlah 2.891 ekor. "Kami terus berusaha untuk memaksimalkan kapal ini guna memenuhi kebutuhan hewan ternak sapi di Indonesia," tambah Yahya.

Kapal khusus ternak, KM Camara Nusantara 1, memiliki kapasitas hingga 550 hewan sapi dalam satu kali perjalanan dan melayani trayek Kupang - Waingapu - Tg. Priok - Cirebon - Kupang. Kapal tersebut juga didukung dengan jadwal pelayaran yang tetap dan teratur (linier), sehingga dapat memberikan kepastian waktu bagi para pengguna jasa untuk mempersiapkan dan mengirimkan hewan ternaknya.

Sebagai informasi, pengguna jasa kapal ternak yang dioperasikan PELNI ini adalah BUMN, BUMD, koperasi daerah, maupun badan hukum yang telah mendapatkan izin atau rekomendasi dari Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian dan Dinas Peternakan Daerah asal peternak yaitu di NTT.

Kapal Khusus Ternak

Hadirnya kapal khusus ternak turut membantu menjaga kualitas hewan hingga pelabuhan tujuan. Hal tersebut karena kapal telah didesign dengan memperhatikan prinsip animal welfare yang dapat membantu meminimalkan penyusutan bobot ternak sebesar 8 - 10 persen serta mengurangi tingkat stress hewan selama masa pelayaran.

Hal ini berbeda saat hewan ternak diangkut dengan menggunakan kapal kargo. Cara muat dan bongkar hewan ternak ke atas kapal dapat membuat hewan stress dan mempengaruhi bobot hewan hingga lebih dari 13 persen.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) di  bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede.

Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak.