Menhub Lakukan Groundbreaking Pembangunan Dua Pelabuhan di Bali -->

Iklan Semua Halaman

Menhub Lakukan Groundbreaking Pembangunan Dua Pelabuhan di Bali

Tuesday, August 4, 2020
Menhub  Budi Karya Lakukan Groundbreaking Pembangunan Dua Pelabuhan Penyeberangan di Bali
eMaritim.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koste, meletakkan batu pertama atau groundbreaking pemvabgunan dua pelabuhan penyeberangan, yaitu Pelabuhan Sampalan di Pulau Nusa Penida serta Pelabuhan Bias Munjul di Pulau Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali, Senin (3/8/2020).

Bali tengah berupaya untuk membangkitkan kembali sektor pariwisatanya. Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk terus mendukungnya, dengan terus membangun infrastruktur di Pulau Dewata ini.

Dengan dibangunnya kedua pelabuhan tersebut, maka akan memudahkan aksesibilitas menuju kawasan segitiga emas (Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan/Lembongan), sehingga dapat mendorong peningkatan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pembangunan ini diharapkan juga dapat meningkatkan pertumbuhan lalu lintas di Pulau Nusa Penida dan Nusa Ceningan, yang berdampak pada perekonomian warga setempat.

Rencananya, pembangunan kedua pelabuhan ini bisa selesai dalam waktu sembilan bulan. Artinya, jika tidak ada aral melintang, pada pertengahan 2021 kedua pelabuhan ini sudah dapat dimanfaatkan.

Menteri Budi mengatakan, kementerian yang dipimpinnya telah menggelar rapat secara intensif dengan Pemprov Bali, membahas dukungan infrastruktur transportasi terhadap pariwisata di Bali.

"Beberapa materi yang kami bahas antara lain konsep superhub tourism, maritim, dan penilitian tentang rencana akses darat menuju Bali Utara," tegas Menhub Budi.