Kapal China Menghilang : Sakit Kepala Terbaru dalam Rantai Pasokan Global -->

Iklan Semua Halaman

Kapal China Menghilang : Sakit Kepala Terbaru dalam Rantai Pasokan Global

Ananta Gultom
24 November 2021

 

ilustrasi gambar: cma cgm shipping

Kapal di perairan China menghilang dari sistem pelacakan industri, menciptakan sakit kepala lain untuk rantai pasokan global . Isolasi China yang tumbuh dari seluruh dunia—bersamaan dengan ketidakpercayaan yang mendalam terhadap pengaruh asing yang mungkin menjadi penyebabnya.



Analis mengatakan mereka mulai memperhatikan penurunan lalu lintas pengiriman menjelang akhir Oktober, karena China bersiap untuk memberlakukan undang-undang yang mengatur privasi data.


Biasanya, perusahaan data pengiriman dapat melacak kapal di seluruh dunia karena dilengkapi dengan transceiver Sistem Identifikasi Otomatis, atau AIS.



Sistem ini memungkinkan kapal untuk mengirim informasi — seperti posisi, kecepatan, arah, dan nama — ke stasiun yang berbasis di sepanjang garis pantai menggunakan radio frekuensi tinggi. Jika kapal berada di luar jangkauan stasiun tersebut, informasi dapat dipertukarkan melalui satelit.



Tapi itu tidak terjadi di ekonomi terbesar kedua di dunia, pemain penting dalam perdagangan global. Dalam tiga minggu terakhir, jumlah kapal yang mengirim sinyal dari negara tersebut telah turun hampir 90%, menurut data dari penyedia data pengiriman global VesselsValue.



"Kami saat ini melihat pengurangan luas industri dalam sinyal AIS terestrial di China," kata Charlotte Cook, kepala analis perdagangan di VesselsValue.


Baca selanjutnya >>>>