KRI Teluk Hading 538 Terbakar Di Sekitar Tg Selatan Saat Operasi Rutin -->

Iklan Semua Halaman

KRI Teluk Hading 538 Terbakar Di Sekitar Tg Selatan Saat Operasi Rutin

Ananta Gultom
05 Juni 2023

 


Kapal Angkatan Laut Indonesia KRI Teluk Hading 538 mengalami kebakaran yang mengharuskan seluruh kru dievakuasi di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, pada Sabtu, 3 Juni.



Sekitar pukul 14:00 waktu lokal, api berkobar di ruang mesin kapal pendarat KRI Teluk Hading saat sedang menjalankan operasi rutin di dekat Kepulauan Selayar sekitar Tanjung Selatan. Segera setelah itu, kapal Angkatan Laut lainnya dan dua kapal komersial datang ke lokasi untuk memberikan bantuan yang diperlukan.



Seluruh kru kapal pendarat yang berjumlah 119 orang dievakuasi dengan selamat menggunakan kapal derek penyelamat yang cepat merespons kejadian ini. Tidak ada laporan mengenai korban luka dalam kejadian ini.



Pejabat Angkatan Laut mengungkapkan bahwa evakuasi kru berjalan lancar dalam waktu 30 menit setelah api berkobar. Setelah itu, kapal pendarat tersebut kemudian dihantarkan ke pelabuhan terdekat dengan aman.



Kapal Teluk Hading sebelumnya dikenal sebagai kapal Cottbus, yang pernah dioperasikan oleh kekuatan Angkatan Laut Volksmarine Jerman Timur dari tahun 1978 hingga 1990. Kapal tersebut kemudian diakuisisi oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1993 dan diresmikan ke dalam layanan Angkatan Laut Indonesia pada tahun berikutnya.