Terdampak Covid-19, KSOP Kumai Berikan Sembako Gratis Untuk Masyarakat Sekitar -->

Iklan Semua Halaman

Terdampak Covid-19, KSOP Kumai Berikan Sembako Gratis Untuk Masyarakat Sekitar

Thursday, April 23, 2020
KSOP Kumai Siaga Dan Lakukan Aksi Peduli Masyarakat Di Tengah Pandemi
Kalteng, eMaritim.com - KSOP Kelas IV Kumai, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan, selalu siap melaksanakan tugas dalam pencegahan dan penanganan virus  Corona (Covid-19) di sektor transportasi pelayaran  di kawasan Pelabuhan Kumai, Kota  Waringin Barat (Kobar), Kalimanan Tengah.

"Aksi peduli dan tanggap memperketat dalam pengamanan, keselamatan serta dalam penanganan virus Corona khususnya di wilayah Kota Waringin Barat (Kobar), Kalteng," kata  Kepala KSOP Kumai Capt. Wahyu Prihanto seperti dikutip BisnisNews.id Kamis (23/4/2020).

Menurutnya, KSOP Kumai siap bersinergi untuk menjaga dan terjaga menggunakan APD untuk Insan Perhubungan di lapangan. Pelayanan umum kepada kapal dan barang serta penumpang tetap berjalan optimal.

Selain itu,  KSOP Kumai bersama Mitra Perhubungan dan Stakeholder, TNI - Polri serta instansi terkait siaga  di wilayah kerja Pelabuhan Kumai dengan mengutamakan keselamatan. Caranya dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kumpulan orang sampai 5 orang atau lebih.

Capt. Wahyu Prihanto menjelaskan, KSOP Kumai selalu berperan aktif dalam Aksi dan Tanggap Darurat serta memperketat pengamanan, keselamatan serta dalam penceahan dan penanggulangan virus corona (Covid-19) di wilayah kerja Kumai, Kobar.

Dia menambahkan, Pelabuhan Kumai, Kobar aktif melayani kapal-kapal penumpang dan kapal roro dari dan menuju Kumai, Kalteng. "Sementara, kapal roro yang banyak sandar di Kumai melayani rute Surabaya-Kumai, Semarang-Kumai serta beberapa pelabuhan lain di Tanah Air," jelas Capt. Wahyu.

Bagikan Paket Sembako

Untuk meringankan beban masyarakat terdampak covid-19, sekaligus momentum menpjelang bulan suci Ramadhan, KSO Kumai membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu, terutama di sekitar KSOP Kumai.

Kepala KSOP Kumai, Capt. Wahyu Prihanto bersama staf turun langsung ke lapangan membagikan paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. "Paket sembako ini merupkana wujud kepedulian sosial KSOP Kumai, semoga bisa meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19," harap pelaut senior itu.

Kehidupan masyarakat di masa Tanggap Darurat Covid-19 belum berakhir, membuat beban hidup masyarakat makin berat. Di satu sisi,  aktivitas mereka dibatasi termasuk untuk mencari rezeki. Sementara, kebutuhan hidup  terus berjalan bahkan makin berat.

Oleh karena itu, KSOP Kumai mengajak instansi dan lembaga khususnya warga masyarakat maritim di wilayah Kumai untuk ikut peduli. "Aksi sosial KSOP Kumai semoga bermanfaat dan menginspirasi pihak lain melakukan aksi serupa," tandas Capt. Wahyu.