IMO Siapkan Amandemen SAR Untuk Tingkatkan Regulasi Komunikasi Darurat -->

Iklan Semua Halaman

IMO Siapkan Amandemen SAR Untuk Tingkatkan Regulasi Komunikasi Darurat

Ananta Gultom
01 Juni 2023

Play Untuk Audio Berita

 

sumber foto: gmdsstesters. com

IMO melakukan pembaruan komunikasi dan informasi untuk keselamatan maritim dan layanan pencarian dan penyelamatan (SAR) sebagai bagian dari strategi modernisasi mereka. Pada pertemuan kesepuluhnya, sub-komite Navigasi, Komunikasi, dan Pencarian dan Penyelamatan (NCSR - Navigation, Communications and Search and Rescue ) membahas amendemen dan aspek regulasi lainnya untuk menjaga keselamatan para pelaut.



Beberapa keputusan yang diambil dalam NCSR 10 akan diajukan pada pertemuan berikutnya dari Komite Keselamatan Maritim (MSC - Maritime Safety Committee) yang dimulai pada 31 Mei. Dalam pertemuan tersebut, sub-komite membahas proposal untuk merevisi regulasi SOLAS bagian V/23 dan mengembangkan standar kinerja wajib guna meningkatkan keselamatan pengaturan transfer pilot.



Sebuah kelompok korespondensi juga dibentuk untuk menyiapkan draf standar kinerja yang terperinci. NCSR 10 juga membahas penyebaran informasi keselamatan maritim (MSI) dan informasi terkait SAR melalui layanan satelit seluler yang diakui. Solusi teknis, interoperabilitas, dan implikasi biaya juga menjadi bagian diskusi.



Sub-komite mengundang MSC 108 untuk mempertimbangkan masalah yang memerlukan keputusan kebijakan tingkat tinggi. Terkait hal ini, NCSR 10 menyetujui revisi draf tentang MSI dan edisi pertama manual layanan Iridium SafetyCast. Selain itu, ada juga modifikasi regulasi yang mencakup harmonisasi Sistem Keselamatan dan Darurat Maritim Global (GMDSS) dengan tanggal implementasi efektif pada 1 Januari 2024.



NCSR 10 juga mengambil langkah maju dalam merevisi resolusi untuk menyediakan layanan komunikasi satelit seluler dalam GMDSS. Sub-komite juga mengembangkan standar kinerja draf untuk menerima informasi terkait SAR melalui sistem data navigasi digital frekuensi menengah dan tinggi.



Langkah-langkah ini diambil dalam upaya IMO untuk memperbarui komunikasi dan informasi yang digunakan dalam keselamatan maritim dan layanan SAR. Keputusan-keputusan yang diambil dalam NCSR 10 akan menjadi dasar bagi pertemuan berikutnya dari Maritime Safety Committee (MSC).



Dengan kerja sama dan diskusi yang intensif, diharapkan langkah-langkah ini akan membawa perubahan positif dalam sistem komunikasi dan informasi maritim, meningkatkan keselamatan pelayaran, dan memperkuat upaya pencarian dan penyelamatan di lautan.